Minggu, 04 Maret 2012

Josef Stallin

J STALLIN

Joseph Stalin
Иосиф Виссарионович Сталин
Iosif Vissarionovich Stalin
იოსებ ბესარიონის ძე ჯუღაშვილი
Ioseb Besarionis dze Jughashvili
Josef Stalin
Josef Stalin, Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet Ke-1

Masa jabatan
3 April 1922–5 Maret 1953
Pendahulu Posisi dibuat
Pengganti Georgy Malenkov

Masa jabatan
6 Mei 1941–5 Maret 1953
Pendahulu Vyacheslav Molotov
Pengganti Georgy Malenkov

Masa jabatan
19 Juli 1941–25 Februari 1946
Perdana Menteri Diri sendiri
Pendahulu Semyon Timoshenko
Pengganti Posisi dialihkan ke Komisaris Rakyat Urusan Angkatan Bersenjata Uni Soviet

Masa jabatan
25 Februari 1946–3 Maret 1947
Perdana Menteri Diri sendiri
Pendahulu Posisi dibuat
Pengganti Nikolai Bulganin (sebagai Menteri Angkatan Bersenjata Uni Soviet)

Masa jabatan
8 November 1917–7 Juli 1923
Perdana Menteri Vladimir Lenin
Pendahulu Posisi dibuat
Pengganti Posisi dihapus

Lahir 18 Desember 1878
Gori, Tiflis, Kekaisaran Rusia
Meninggal 5 Maret 1953 (umur 74)
Kuntsevo dekat Moskwa, RSFS Rusia, Uni Soviet
Kebangsaan Uni Soviet
Partai politik Partai Komunis Uni Soviet
Agama Tidak ada (atheis)
Tanda tangan Tanda tangan Josef Stalin
Iosif (Josef) Vissarionovich Stalin (Bahasa Rusia: Иосиф Виссарионович Сталин, Iósif Vissariónovich Stálin), nama asli Ioseb Jughashvili (Bahasa Georgia: იოსებ ჯუღაშვილი, bahasa Rusia: Иосиф Джугашвили, Iósif Dzhugashvíli;) (lahir 18 Desember 1878 – meninggal 5 Maret 1953 pada umur 74 tahun) adalah pemimpin Uni Soviet dan seorang diktator yang sangat lalim, dikenal juga dengan sebutan "Manusia Baja" sebagai namanya (Stalin atau Steel Man). Ia diperkirakan telah memerintahkan pembunuhan sekitar 30 juta jiwa penduduk Rusia dan negara-negara sekitarnya. Ia juga dikenal sebagai orang yang membenci agama. Awalnya ia masuk seminari di Tbilisi, namun ia kemudian menjadi tidak percaya adanya Tuhan setelah membaca buku Asal-usul Spesies karya Charles Darwin.
Ia tampil sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet. Saingan utama Stalin adalah Leon Trotsky. Ketika akhirnya seluruh partai berada di dalam genggaman Stalin, Trotsky berhasil diusir keluar dari Uni Soviet kemudian dibunuh di Meksiko sekitar tahun 1940. Dan ketika Lenin meninggal dunia tanggal 21 Januari 1924, Stalin tampil sebagai pemimpin Uni Soviet yang baru. Ia memperlakukan saingannya atau siapapun yang tidak sependapat dengannya secara kejam dan tidak manusiawi, terutama pada masa pembersihan besar-besaran di Uni Soviet yang memakan banyak korban jiwa. Mereka semua dihukum mati sebagai musuh negara Soviet atau dijebloskan ke dalam kamp-kamp kerja paksa atau penjara. Kamp tahanan Gulag adalah salah satu saksi bisu kejamnya Stalin pada masa Teror Besar di Uni Soviet.
Marsekal Uni Soviet, Iosif Stalin
Ketika Perang Dunia II (1939-1945) meletus, Uni Soviet berperang bersama Inggris serta Amerika Serikat melawan Nazi Jerman. Tetapi seusai perang, Stalin memasang "Tirai Besi" antara sekutu Barat dan Soviet dan sebagian besar negara di Eropa Timur dijadikan negara Komunis. Stalin berkuasa sampai saat kematiannya pada usia 74 tahun. Kematiannya ini diduga kuat karena diracun oleh komplotan pimpinan Lavrenty Beria. Pada masa pemerintahannya ia tidak hanya mengawasi seluruh negara Soviet, melainkan juga negara-negara di luar Uni Soviet.

Reaction

0 Comment:

Posting Komentar